Mengetahui Tujuan Perencanaan Keuangan, Perlukah?

Sebagai orang yang ingin hidup nyaman hingga tua, perlukah mengetahui tujuan perencanaan keuangan? Bisa jadi banyak orang yang akan berkata, “Perlu!” Mengapa? Karena setiap tindakan tanpa tujuan yang jelas, akan sia-sia hasilnya. Itulah pentingnya bisa mengelola keuangan dengan baik.

Dalam kehidupan sehari-hari, tidak selalu orang yang hartanya berlimpah berbanding lurus dengan masa tua yang berkecukupan. Demikian pula sebaliknya, orang yang terlihat gajinya pas-pasan, hidupnya sederhana belum tentu masa tuanya akan kekurangan.

Itulah mengapa, orang yang faham bagaimana cara mengatur keuangan yang baik, biasanya masa depannya lebih terselamatkan. Betul ‘kan?



Tujuan Perencanaan Keuangan
Sumber: https://pixabay.com/photos/financing-housebuilding-to-build-3536755/


3 Tujuan Perencanaan Keuangan

Masing-masing keluarga atau personal memiliki tujuan sendiri saat merencanakan keuangannya. Ada yang ingin hidup enak saat masa tua. Beberapa ingin berlibur di tempat-tempat impian. Dan masih banyak lagi tujuan lainnya.

Tapi, pada umumnya merencanakan keuangan memiliki beberapa tujuan yang lebih general. Artinya tanpa sadar ya mereka inginnya keuangan mereka berada dalam kondisi yang baik. Tidak kebingungan saat membutuhkan sesuatu. Atau tidak perlu meminta bantuan siapapun saat harus mengeluarkan biaya untuk suatu hal.

Misalnya, berikut ini 3 alasan untuk mengetahui tujuan perencanaan keuangan:

#1 Pendapatan dan Pengeluaran Terkontrol

Dalam kenyataan hidup, ada orang yang pendapatan besar, namun masih saja merasa kurang cukup. Namun, ada juga orang yang terlihat penghasilannya biasa-biasa saja, tapi bisa tercukupi semua kebutuhannya. Meskipun mungkin terlihat hidupnya sederhana.

Pemasukan dan pengeluaran yang terkontrol tidak akan membuat hidup “Besar Pasak daripada Tiang”, yang akhirnya membuat kondisi keuangan di masa depan jadi payah.

#2 Kebutuhan-Kebutuhan Hidup Bisa Terpenuhi dengan Baik

Kebutuhan hidup ada yang jangka pendek dan jangka panjang. Orang yang membuat perencanaan keuangannya dengan baik, biasanya selalu memiliki catatan untuk target-target hidupnya dan sudah memetakan kebutuhan-kebutuhannya.

Dengan perencanakan keuangan yang baik, kebutuhan hidup saat ini dan di masa depan dapat terpenuhi dengan baik. Mereka punya target, berapa yang harus disisihkan tiap bulannya dan berapa lama harus menahan diri untuk tidak boros.

#3 Tidak Terlalu Merasa Cemas untuk Kehidupan Hari Tua

Tak ada seorang pun yang tahu kondisi kita di masa depan. Peribahasa populer “Rajin Pangkal Pandai, Hemat Pangkal Kaya ” masih sangat relevan hingga saat ini. Orang yang konsisten hidup hemat, biasanya akan lebih bisa mengontrol kondisi keuangannya. Dengan perencanaan keuangan yang matang dan rapi, rasa cemas akan kondisi di masa depan bisa diminimalisir.

Dari 3 alasan di atas, mungkin poin penting yang harus diperhatikan adalah rasa syukur. Dengan selalu bersyukur, semua yang dimiliki akan senantiasa terasa cukup dan selalu bahagia dalam menghadapi kehidupan. Meskipun begitu, mengetahui tujuan perencanaan keuangan itu penting dan akan merasakan manfaatnya di masa depan.

Posting Komentar

19 Komentar

  1. Jelas penting bnget donk perencanaan keuangan..Biar keuangan lebih sehat dan aman..Yang gak kalah penting ya eksekusinya sama pengawasannya juga ya..

    BalasHapus
  2. Perencanaan keuangan dibutuhkan untuk meminimalisir resiko kejadian tidak terduga. Perencanaan keuangan langkah awal managemen keuangan bersama keluarga dan diri sendiri. Perencanaan keuangan menatap masa depan siap secara finansial.

    BalasHapus
  3. Setuju ..memang untuk hari tua yang berkualitas kita harus tahu apa yang diinginkan di hari tua kemudian mempersiapkan segala sesuatunya untuk mencapai tujuan itu...

    BalasHapus
  4. Setuju kalau kita tidak bisa memprediksi apa yang akan terjadi besok lusa. Jadi mempersiapkan dana keuangan itu sebaiknya kita lakukan. Apalagi banyak tanggungan yang dijalankan, sebaiknya perencanaan keuangan nya beneran makin diperketat ya

    BalasHapus
  5. Baca ini jadi bikin gimana perencanaan keuangan masa tuaku nanti. Karena kami generasi sandwich hahaha 😂. Jadi ga mudah juga ngatur keuangannya untuk keluarga sendiri. Tapi 2022 ini aku pengen lebih bisa ngatur keuangan tapi uang yang aku dapetin sendiri dari hasil sendiri hihihi 😂

    BalasHapus
  6. Mengetahui tujuan perencanaan keuangan itu emang penting banget. Selain lebih terkontrol, bisa lebih tenang menyiapkan bekal hari tua nanti

    BalasHapus
  7. soal perencanaan keuangan itu penting banget, setidaknya untuk kita bisa tahu apa saja plan ke depan. aku pun juga lagi nyari kayak financial planner untuk mentorin keuanganku.

    BalasHapus
  8. ingat kasus Ibu Trimah yang "dibuang" anak2nya ke panti jompo?

    Menurut saya sih penyebabnya ybs gak menyiapkan keuangan di masa tua.

    Setiap orang bisa, asalkan mau hidup hemat, tidak tergiur pola hidup konsumtif

    BalasHapus
  9. Ah iya, merencanakan keuangan itu penting ya mbak
    Agar kita bisa kontrol pengeluaran kita
    Jangan sampai besar pasak daripada tiang

    BalasHapus
  10. Mbak, aku udah jalan bulan ketiga untuk bikin catatan pengeluaran. Sekarang udah enggak bingung lagi ketika ngelihat uang tinggal segitu, dipake buat apa? Bulan-bulan berikutnya, aku makin jadi tahu, pengeluaran yang logis di keluargaku itu berapa? Nabung yang pas itu berapa? gitu-gituu

    BalasHapus
  11. Kalau sekarang jujur saya bingung mau manage keuangan karena penghasilan tidak pasti seperti dahulu yang masih bergaji dari perusahaan, hihihiii. Tapi memang manajemen keuangan itu penting banget.

    BalasHapus
  12. Hai kak, ini merupakan resolusi saya tahun 2022 lebih cerdas mengatur keuangan.Selama ini asal saja, sehingga uang berapapun ditangan abis. Terpenting memang pendapatan dan pengeluaran terkontrol ya

    BalasHapus
  13. dengan adanya perencanaan keuangan ini kita akan jadi lebih mudah mengontrol diri ya, dengan disiplin dan niat yang kuat budget yang disusun juga bisa lebih mudah terkontrol.

    BalasHapus
  14. Setuju, perencanaan keuangan yang matang dan rapi akan meminimalisisr rasa cemas akan kondisi di masa depan, maka perlu dilakukan sejak dini sehingga masa tua nanti, sisi keuangan bisa aman

    BalasHapus
  15. Tujuan yang paling penting, menurut saya: mengontrol pemasukan dan pengeluaran. Jangan sampai besar pasak daripada tiang.
    Saya pribadi alhamdulillah terhindar dari utang dan cicilan...

    BalasHapus


  16. Pokoknya setuju ama statemen orang yang faham bagaimana cara mengatur keuangan yang baik, biasanya masa depannya lebih terselamatkan. Yes, udah waktunya kita melek finansial

    BalasHapus
  17. Nah, kalau sudah mengetahui tujuan perencanaan keuangan ini nih yang enak. Saya malah salah kaprah. Fokus menguraikan pengeluaran. Eh, malah lupa mendapatkan pendapatannya dari mana. Alias sumbernya.

    BalasHapus
  18. Tujuan perencanaan keuangan nih penting banget untuk setiap orang yg produktif dan memperoleh pendapatan. Karena jika uang yang dimiliki tidak diatur dengan seksama kedepannya menyulitkan diri sendiri..menurut saya

    BalasHapus
  19. Penting banget sebenarnya. Sehingga pengeluaran yang gak penting-penting banget bisa diminimalkan dan bisa menabung untuk hari tua kan ya. Hehehe sepakat dengan tulisannya mbak

    BalasHapus

Terima kasih atas kunjungannya, jika anda memiliki saran, kritik maupun pertanyaan silahkan tinggalkan komentar anda.

close
Info Iklan Murid Blogspot