Males Ngeblog? Ini Dia Solusi Sederhananya

Hai, Temans Blogger. Sudah berapa lamakah kira-kira kalian memiliki rumah online bernama blog atau website? Atau malah ada yang punya lebih dari satu rumah online?

Nggak papa. Aku juga punya beberapa rumah online bernama blog. Salah satunya adalah yang sedang Teman-teman baca ini.

Aku sih yakin ya. Masing-masing blogger punya management sendiri dalam mengatur blognya. Mau update kapan atau mau nulis apa misalnya.

Cuma ada satu sih unek-unek yang perlu kutanyakan sepanjang aku punya website. Pernah nggak sih merasa males ngurusin website? Karena apa gitu lho?


Males Ngeblog
Credit to www.pexels.com/@tirachard-kumtanom-112571/


Penyebab Males Ngeblog

Aku jelas sering merasakan perasaan itu. Males buat update konten di website. Pinginnya cuma rebahan sambil nonton drakor dan lain-lain.

Biasanya ada beberapa penyebab males ngeblog yang kurasakan. Mungkin Teman-teman juga merasakannya atau punya masalah lain, boleh sharing di kolom komentar ya, Temans.

1. Kehabisan Ide Buat Artikel

Hal pertama adalah karena aku kehabisan ide buat artikel. Makanya jadi merasa males buat ngeblog.

Apalagi yang punya lebih dari satu blog. Mau nulis satu ide, kok ya merasa sudah nulis di blog sana. Terus nggak punya ide baru. Mentok aja gitu.

Sudahlah. Alamat aku nggak bakal buka dashboard website sama sekali tu.

2. Merasa Nggak Cukup Waktu Buat Mengelola Blog

Penyebab males ngeblog kedua adalah aku merasa sok sibuk. Urusan domestic rumahan, kayak nyuci baju, setrika, beres-beres sampai masak kayak nggak ada habisnya.

Bikin badan merasa capek. Remuk redam. Jadi, begitu semua kelar eh malah pinginnya goleran. Terus malas deh buka dashboard blog buat update konten.

3. Sepi Pengunjung

Ngeblog udah lama. Tapi jumlah tampilan halaman blog yang sering kita sebut page view (PV) cuma segitu-segitu saja. Sementara beberapa job membutuhkan angka di atas PV milik kita.

Duh. Ini tu bikin baper. Apa iya tulisanku nggak bagus? Makanya, teman-teman nggak datang berkunjung.

Kalian juga merasa begitu nggak sih, Gaes?

Bacaan Menarik Lainnya:

4. Merasa Nggak Cepat Dapat Duit

Awal ngeblog dulu, aku nggak mengerti kalau kita bisa cari duit dari sini. Tujuanku buat blog dulu tu semacam pingin punya wadah buat menuliskan semua imajinasi saja.

Semakin lama kok ya makin paham bahwa artikel yang kita posting di blog bisa menjadi usaha untuk dapat duit. Terlebih setelah masuk masa pandemi yang membuatku kehilangan pekerjaan.

Aku mulai mengembangkan kepak sayap blogku. Nggak lagi hanya tulisan imajinasi tapi juga tulisan bermanfaat lainnya. Sehingga, membuatnya bisa menarik perhatian beberapa klien untuk bekerja sama denganku melalui blog.

Sayangnya, kita nggak selalu bisa mendapatkan tawaran kerja sama itu. Terlebih jika berkaitan dengan alasan ketiga tadi. Dimana jumlah PV menjadi syarat untuk bisa bekerja sama.

Maka sudahlah. Aku jadi merasa kayak hopeless gitu deh.

Kalau Sudah Males Ngeblog, Coba Lakukan Beberapa Hal Sederhana Ini

Tapi e tapi. Kita nggak boleh diam saja ya saat perasaan males itu datang menghampiri. Paling nggak, kita kudu cari solusi sederhana biar semangat lagi mengelola rumah onlinenya.

Aku punya beberapa hal sederhana yang bisa kita lakukan saat males ngeblog. Teman-teman boleh meniru atau menambahkan dengan menuliskannya melalui kolom komentar ya.

1. Refreshing Sejenak

Kalau sudah mulai males ngeblog itu tandanya kita sudah butuh refreshing. Jadi, nggak masalah kok buat meninggalkannya untuk sementara waktu. Lalu cobalah alihkan perhatian pada hal lain. Yang membuat pikiran kita bisa refresh.

Nggak perlu yang mahal-mahal kok. Memaksa buat jalan-jalan ke tempat wisata juga nggak usah. Tapi kalau ada waktu dan budget ya bolehlah.

Kita bisa lho refreshing dengan low budget. Misal dengan nonton film kesayangan, kayak drakor gitu. Atau pergi ke luar rumah. Amati lingkungan sekitar. Siapa tahu kita malah dapat ilham untuk bikin konten. Iya nggak?

2. Catat Semua Ide yang Terlintas Lalu Segera Kembangkan menjadi Artikel

Solusi Mengembalikan Semangat Ngeblog
Credit to www.pexels.com/@jessbaileydesign/


Ide tu ya datangnya kadang tiba-tiba. Nggak selalu saat kita berhadapan dengan laptop dan sedang membuka dashboard website lho.

Oleh karena itu, saat dia datang. Kita kudu gercep buat nulis. Kalau lagi jauh sama buku dan pena ya kita bisa tulis di handphone yang kayaknya selalu ada dalam genggaman.

Nah, begitu kita sudah bisa fokus dan berhadapan dengan laptop atau berada di kondisi yang memungkinkan kita untuk mengetik. Maka kita harus segera mengembangkan ide yang terlintas tadi menjadi sebuah artikel.

Kalau bisa ya, nggak usah tar-sok-tar-sok deh. Yang ada malah kita lupa bahwa kita pernah nulis ide itu dan merasa kehabisan ide lagi saat mau buka dashboard rumah onlinenya. Hehehe….

Bacaan Menarik Lainnya:

3. Ubah Tampilan Blog

Kadang males itu datang karena kita merasa bosan. Betul nggak?

Jadi, ada baiknya kalau kita mengubah tampilan blog. Memang sih, aku pernah dengar bahwa sering gonta-ganti template website itu kurang bagus untuk performa blog. Cuma kalau misal gantinya 6 bulan sekali ‘kan nggak masalah ya gaes ya.

4. Belajar Lagi Tentang Dunia Blog

Kalau urusan page view sedikit yang bikin malas mah ada solusinya atuh. Kita bisa belajar lagi urusan blog, kayak belajar Search Engine Optimization (SEO) gitu.

Intinya, kita belajar gimana agar blog kita bisa mudah ditemukan melalui search engine. Ibarat katanya nih, orang mau cari apa di google yang muncul paling atas tu blog kita gitu lho.

Dengan begitu ‘kan traffic di blog kita bisa meningkat. Jadi makin semangat deh kitanya.

5. Berinteraksi dengan Sesama Blogger

Solusi males ngeblog terakhir menurutku adalah berinteraksi dengan sesama blogger. Kita bisa ngobrol melalui dunia maya atau chatting gitu. Bertukar kabar dan lain-lain.

Kalau perlu nih ya. Kita bisa bergabung dalam beberapa komunitas blogger. Biasanya nih, ada ruang yang memungkinkan para member komunitas untuk berbagi cerita, informasi bahkan job lho.

Misal, saat kita kesulitan dalam dunia perbloggeran, kita bisa minta pendapat sesama member. Atau belajar bareng buat mengembangkan blog. Pokoknya banyak hal yang bisa kita lakukan dengan Teman-teman yang memiliki passion yang sama deh.

Coba saja cari grup komunitasnya melalui media social. Terus gabung dan cari tahu apakah mereka punya grup whatsapp, telegram dan sebagainya yang bikin kita mudah berinteraksi.

Salah satu komunitas blogger yang kuikuti saat ini adalah Komunitas Gandjel Rel. Komunitas Blogger Semarang. Aku bergabungnya saat masih tinggal di Semarang. Sampai sekarang.

Bersama mereka, aku bisa semakin semangat menghilangkan rasa males ngeblog. Katanya, ayolah ngeblog. Biar nggak ada lagi yang ngeganjel. Gitu deh. Semoga bermanfaat.

Bacaan Menarik Lainnya:

Posting Komentar

18 Komentar

  1. Pernah di posisi itu, malas ngeblog. Akhirnya ngumpulin sekuat tenaga mood menulis yang sudah hampir punah, wkwkwkw,... Apalagi kalo ada email masuk nawarin job, pasti langsung semangat lagi, hehehe...

    Betul banget, penyebabnya paling karena kehabisan ide, sibuk dengan kerjaan di dunia nyata.

    Paling saya biasanya refreshing. Full satu hari nggak buka laptop. Cuma nonton YouTube bareng bocah... Atau jalan-jalan bareng anak-anak.

    BalasHapus
  2. Saya sudha punya blog sejak 2014, Mbak. Dan ini hanya satu-satunya hehehe. Tapi memang, terkadang malas mau publish tulisan baru, tapi itu harus segera saya lawan. Kalau saya biasanya, ingatnya karena sudah bayar domain. jadi sayang kalau tidak dirawat. Terus saya tidak mau rugi. Sudah bayar domain, ya jadi harus ada juga penghasilan dari blog hehehe.

    BalasHapus
  3. Paling gawat adalah momen dimana sedang merasa nggak cukup waktu untuk mengelola blog. Kan sayang banget ya, blog itu seperti rumah yang dibangun perlahan-lahan, tapi kalau lama nggak diurusi nanti malah minta perbaikan. Lebih mahal dari segi biaya dan waktu jadinya.

    Setuju sih dengan menaikkan motivasi dengan sering berinteraksi sama teman sesama blogger.

    BalasHapus
  4. Setuju nih poin terakhir, kalau berinteraksinya sesama blogger pasti selalu bersemangat untuk terus ngeblog, juga bisa dapat cerita dan informasi seputar job yang kita butuhkan :)

    BalasHapus
  5. Iya neh pengunjung blogku masih sedikit dan blogku masih gitu2 aja templatenya, harus template berbayarkah

    BalasHapus
  6. Wah, keren kak punya beberapa blog. Satu blog aja kadang ngelola buat ngisinya perlu keistiqamahan. Hehe. Senangnya baca solusi kalau pas dilanda males ngeblog. Jadi intinya refreshing dan cari ide lagi yaa buat nulis. Sedikit-sedikit lama-lama menjadi bukit, jadi semangat buat nulis lagi insyaAllah cuan ngikutin, kadang ngandelin adsense aja kurang. Jadi kerjasama kadang yang bisa gak terlalu nunggu mah ya kak. Tinggal ningkatin DA dengan blogwalking sama rajin nulis artikelnya. ^_^

    BalasHapus
  7. Terimakasih buat tips-nya mbak.. Jadi banyak hal baru nih

    BalasHapus
  8. kalau aku mulai males ngeblog, biasanya baca buku hihi.. biar dapat ide tulisan lagi :)

    BalasHapus
  9. Kalau saya ide banyak tapi eksekusinya yang angot-angotan. Biasalah distraksi pekerjaan rumah tangga dan drama Korea. Musti lebih pinter lagi atur waktu dan lebih fokus saat menulis.

    BalasHapus
  10. Aku kalo lg males dan bosen biasanya juga kututup dlu blognya, jalan2 sama keluarga, habiskan waktu sm anak seharian. Besok kalo dah fresh mulai lagi bener banget mbaaa

    BalasHapus
  11. Berinteraksi sesama blogger misalnya lewat BW juga asik kok, dapat pencerahan dan update informasi juga. Biar makin SemangatCiee ngeblognya

    BalasHapus
  12. iyaaa emang yaa ada ide kecil mesti dicatet, lama-lama bisa beranak pinak dan berkembang sendiri jadi satu tulisan blog hahhaha

    BalasHapus
  13. Iya, kadang ada kejenuhan menulis blog
    Aku kalau da jenuh gitu biasanya ya rehat sejenak
    Nonton drakor, refreshing dulu

    BalasHapus
  14. Aku blog yang satunya nih, udah lama gak di-update wehehe. Ternyata punya blog lebih dari satu itu susah atur waktunya. Apalagi niche-nya beda. Alasannya sih gak punya waktu padahal pengin rebahan aja wkwk

    BalasHapus
  15. saya justru merasa kebanyakan ide yang mau ditulis tapi malah pusing bingung mau fokus yang mana dulu kak, tapi tipsnya bisa saya terapkan juga niy kak

    BalasHapus
  16. Ada banget masa-masa malas ngeblog.
    Biasanya tuh karena switch kepribadian gitu.. Karena kalau nulis untuk job kan kudu bahasa yang formal dan dengan riset segala macam, lalu diakhiri dengan optimasi agar PV bagus dan klien happy.

    Nah,
    Masa-masa ini tuh sungguh menguras energi.
    Sehingga mau nulis organik, jadi kudu kretekin jari lagi.

    Yang paling ampuh kalau aku, nulis diary dan nulis apa yang aku mau dan harus aku kerjakan. Tapi karena aku anaknya gak bisa dikasih deadline, jadi aku gak kasih, hanya jangan terlalu lama di draft juga.. Nanti jadi "kriuukk" idenya, hehehe.. alias garink.

    BalasHapus
  17. Wah di Gandjel Rel ada nama nama yang sudah tak asing sepak terjangnya dalam dunia blog
    Tetap semangat ya wahai murid blogspot

    Salan dari murid wordpress heheh

    BalasHapus
  18. Saya banget ini mah, burn out dan ga ada ide untuk nulis artikel apa lagi di blog. Hmmm, sepertinya memang butuh refershing yaaa

    BalasHapus

Terima kasih atas kunjungannya, jika anda memiliki saran, kritik maupun pertanyaan silahkan tinggalkan komentar anda.

close
Info Iklan Murid Blogspot