4 Tips Lancar Menulis di Website

Masih ingat nggak tentang tulisanku mengenai manfaat menulis blog untuk semua profesi? Beberapa di antaranya adalah sebagai media berbagi pengalaman dan membangun networking. Manfaat selengkapnya coba cek di link yang ada di box informasi berikut ya!

Bacaan Menarik Lainnya:

Dalam menulis website atau blog, akan lebih baik kalau pembaca bisa menemukan tulisan kita melalui mesin penelusuran. Artinya dia akan berkunjung ke website kita karena sedang mencari informasi berdasarkan kata kunci. Kita sering mengenalnya dengan pengunjung organik.

Menurut Teh Indari Mastuti, Founder Yayasan Sekolah Perempuan Indonesia, organik itu butuh konsisten. Salah satunya adalah konsisten mengupdate tulisan di website dengan menggunakan kata kunci.


Tips Lancar Menulis di Website
Sumber Foto: Website Canva


Tips Lancar Menulis di Website

Sejak awal pandemi virus covid menyapa Indonesia, ada banyak pekerja yang harus kehilangan mata pencahariannya. Mereka harus berusaha mencari sumber penghasilan lain. Sepertiku yang memilih membuat website dan menjadi seorang blogger.

Memang sih bukan perkara mudah dalam membangun sebuah website atau blog. Kita butuh update konten secara berkala. Agar blog atau website kita tetap terlihat aktif dan berpenghasilan.

Sementara itu, Indscript Creative adalah perusahaan yang fokus kegiatannya terbagi menjadi 2 bidang, yaitu:

  1. Bisnis ke bisnis melalui jasa penulisan.
  2. Pemberdayaan perempuan di Yayasan Sekolah Perempuan Indonesia.

Sehingga, nggak heran kalau ownernya sering sekali membagikan tips-tips tentang bisnis dan menulis melalui akun sosial medianya. Salah satu informasi yang kuambil adalah tips lancar menulis. Karena sebagai blogger, aku harus bisa lancar menulis untuk websiteku.

1. Mulai dari Tema yang Dekat dengan Kita

Seringkali kita mengenal istilah niche blog. Terutama saat akan mengambil job sebagai blogger. Agensi akan bertanya mengenai niche blog yang kita kelola.

Mudahnya, niche blog adalah tema atau topik pembahasan untuk blog kita, seperti gaya hidup, teknologi, kecantikan dan lain sebagainya.

Memang sih kita bisa menulis konten sesuka hati. Tapi, ada anggapan bahwa blog atau website yang fokus pada satu niche akan memiliki nilai lebih, baik menurut mesin penelusuran maupun user.

Nah, tips lancar menulis di website yang pertama adalah mulai dari tema yang dekat dengan kita. Lebih baik kalau kita juga memahami tentang tema tersebut. Sehingga, nggak perlu bingung mau menulis apa.

2. Tulis saja Apa yang Terpikirkan di Kepala

Sosok yang berada di balik kesuksesan nama Indscript Creative ini juga menyebutkan jangan terlalu mengkhawatirkan apa yang ingin kita tulis. Tapi kita menulis tentang apa saja yang terpikirkan di kepala.

Hasil tulisan akan lebih bagus kalau kita juga nggak malas membaca. Dengan begitu, kita akan memiliki banyak sekali perbendaharaan kata dan topik yang bisa menjadi bahan tulisan.

Oleh karena itu, jangan malas membaca ya! Karena ada seenggaknya 6 dampak buruk malas membaca lho.

Bacaan Menarik Lainnya:

3. Jangan Terlalu Perfectsionist

Siapa sih yang nggak ingin punya tulisan bagus dan memiliki banyak pembaca yang loyal? Tapi, bukan berarti kita harus terlalu perfectsionist ya. Beranggapan bahwa tulisan yang akan kita posting harus sempurna. Rasanya nggak mau membuat kesalahan.

Akibatnya, kita jadi nggak mau asal-asalan posting artikel sebelum artikelnya sempurna. Sehingga, bisa jadi akan membutuhkan waktu yang sangat lama. Karena, akan selalu ada kesalahan yang tampak saat kita bersikap terlalu perfectsionist.

Maka dari itu, agar kita bisa lancar menulis di website, kita nggak perlu terlalu perfectsionist. Asalkan kita menulis dengan bahasa yang baik dan benar dan apa yang kita tulis bisa kita pertanggung-jawabkan. Ya sudah. Posting saja dulu.

Di masa depan, kita boleh kok mengupdate artikelnya. Mungkin saja ada yang perlu kita ubah dan tambahkan karena ada pergeseran trend dan lain-lain.

4. Konsisten Meluangkan Waktu Menulis

Terakhir adalah konsisten meluangkan waktu menulis. Nggak masalah meski hanya dalam waktu 5 menit per hari.

Kalau kita memiliki banyak perbendaharaan kata dan topik. Maka akan ada banyak untaian kata yang tercipta meski hanya sekejap saja.

Lalu bagaimana kalau kita nggak punya banyak waktu untuk menulis di website? Apa yang harus kita lakukan agar bisa selalu update konten?

Jasa Konten Website

Indscript Creative memiliki tagline sebagai “Sahabatmu Mewujudkan Mimpi”. Bagiku tagline tersebut nggak terlalu muluk sih.

Bila kita punya mimpi berpenghasilan melalui website tapi nggak punya waktu untuk menulis. Maka, kita bisa mempercayakan urusan konten pada mereka. Mengapa?

Indscript Creative memberikan beberapa jasa untuk memudahkan kita dalam berbisnis dan menggapai mimpi. Salah satunya adalah Jasa Konten Website.

Mereka memiliki tim penulis artikel yang bisa membantu kita dalam pembuatan konten. Kita bisa memesan artikel yang sesuai dengan tema blog atau website. Bahkan, kita bisa meminta mereka untuk membuat artikel sesuai dengan gaya bahasa yang kita pakai dalam website lho, termasuk penerapan SEO.

Jasa Konten Website di Indscript Creative bisa membuat beberapa jenis artikel di antaranya artikel liputan, rewrite, profil dan opini.

Jadi, kalau kita nggak punya waktu untuk membuat konten di website bukan masalah besar kok. Kita tetap bisa lancar menulis di website dengan bantuan Teh Indari Mastuti dan timnya. Semoga membantu.

Sumber:

  • https://www.instagram.com/indarimastutirezky/
  • https://tribelio.page/kenaliindscriptcreative
Bacaan Menarik Lainnya:

Posting Komentar

0 Komentar

close
Info Iklan Murid Blogspot