6 Tips Menabung Tanpa Bingung untuk Temukan Prioritas Keuangan

Salah satu cara kita mengelola keuangan adalah menabung. Kita bisa menyiapkan dana cadangan untuk masa depan, khususnya saat ada situasi darurat seperti masa pandemi. Menurutku emang penting banget sih punya tips menabung tanpa bingung. Karena kita nggak tahu apa yang akan kita hadapi ke depannya.

Apalagi, masa awal pandemi memang agak berat. Banyak orang kehilangan pekerjaan karena perusahaan berusaha mengurangi pengeluaran untuk keberlangsungan bisnis mereka. Termasuk diriku yang harus kehilangan penghasilan.

Terbiasa mendapatkan gaji setiap bulan membuatku sedikit kalang kabut. Memiliki tabungan membuatku bisa sedikit bernapas lega. Meski aku harus berpikir keras untuk mengatasi situasi berat masa itu.

Bacaan Menarik Lainnya:

Tips Menabung Tanpa Bingung


Tips Menabung Tanpa Bingung
Sumber Foto: Website Canva


Seperti yang dibagikan di media sosial Indscrip Creative. Pada salah satu postingannya, mereka bercerita tentang peran tabungan yaitu untuk menjamin kestabilan keuangan kita saat mengalami hal yang nggak terduga.

Indscript Creative sendiri adalah perusahaan yang didirikan oleh teh Indari Mastuti yang fokus pada bidang bisnis dan naskah. Karena hal inilah, maka nggak heran kalau mereka bisa membagikan tips menabung tanpa bingung yang akhirnya sampai padaku dan kubagikan melalui postingan blog berikut ini:

1. Mulai dengan Nominal yang Paling Kecil

Aku tahu sih gimana beratnya menabung. Dulu, waktu masih punya penghasilan setiap bulan aku merasakannya.

Niat nabung di akhir bulan tuh terasa menggebu-gebu. Sayangnya, pas nerima gaji kok ya niat itu kalah sama godaan gaya hidup. Aku seperti nggak bisa menolak ajakan nongkrong, hangout, belanja, nonton dan lain-lain.

Sebenarnya, urusan menabung adalah hal yang ringan. Kita hanya perlu menyisihkan dana. Nggak perlu nominal yang besar. Kita mulai saja dengan nominal yang paling kecil. Misalnya, kita menyisihkan Rp. 10.000 setiap minggu atau nominal lain.

2. Kumpulkan dan Simpan Uang Kembalian


Simpan Kembalian untuk Ditabung
Sumber Foto: Website Canva


Tips menabung tanpa bingung kedua dari Indscript Creative adalah mengumpulkan dan menyimpan uang kembalian. Kalau kupikirkan lagi tentang ini. Rasanya emang masuk akal.

Kadang kita suka nggak perduli sama uang kembalian. Apalagi kalau kembaliannya adalah uang receh dua ribuan dan koin. Kita biarkan saja mereka berserak di kamar atau tempat lain.

Padahal kalau kita mau mengumpulkan dan menyimpan uang recehan tersebut. Lama-kelamaan juga bertambah banyak. Kita bisa menukarnya di supermarket atau toko-toko kelontong yang butuh uang recehan saat sudah terkumpul.

Bacaan Menarik Lainnya:

3. Tetapkan Tujuan Menabung

Indscript Creative juga bilang kalau kita harus menetapkan tujuan menabung. Coba deh kita pikirkan! Kalau kita sudah punya tujuan finansial di masa depan, baik untuk jangka pendek atau jangka panjang. Apa yang akan kita lakukan?

Kita pasti akan lebih semangat menabung. Semakin kita menginginkan tujuan finansial itu tercapai. Maka semakin mudah juga kita menyisihkan uang untuk hal tersebut. Benar nggak, Gengs?

Tujuan finansial ini juga membantu kita menentukan bagian mana yang menjadi prioritas keuangan. Saat itu kita akan menentukan fokus kita berada di mana.

4. Jaga Konsistensi

Menabung tuh bukan pekerjaan sekali langsung selesai ya. Bukan juga kegiatan favorit yang bisa kita lakukan di kala senggang saja. Sama sekali bukan seperti itu. Tapi, menabung adalah urusan konsistensi.

Sama seperti pendapat Indscript Creative. Bahwa kita harus menabung di masa apapun. Nggak perduli kita sedang dalam kondisi punya penghasilan banyak atau nggak.

Mungkin menabung akan terasa lebih mudah saat punya penghasilan banyak. Tapi kalau sebaliknnya, maka kita bisa mengatur strategi dalam menabung. Cek di tips pertama tadi ya!

5. Sisihkan Dana Tabungan Di Awal Menerima Penghasilan

Satu kesalahan yang sering kita lakukan dalam urusan menabung adalah menunggu ada dana sisa. Tapi, kita enggan mengontrol pengeluaran.

Pada akhirnya, nggak pernah ada dana yang tersisa. Lalu, kita bilang nabungnya bulan depan saja. Begitu seterusnya. Sampai kita kepentok sama kondisi nggak terduga yang membutuhkan dana tabungan. Kita baru menyadari bahwa kita nggak punya sama sekali.

Oleh karena itu, sebaiknya kita menyisihkan dana untuk tabungan di awal bulan. Bertepatan dengan saat kita menerima gaji.

Bacaan Menarik Lainnya:

6. Buat Daftar Pengeluaran

Tips menabung tanpa bingung terakhir yang disebutkan oleh Indscript Creative adalah membuat daftar pengeluaran. Tujuannya agar kita tahu borosnya di mana.

Benar juga sih. Kalau kita nggak membuat daftar pengeluaran, maka kita suka-suka saja mengeluarkan uang untuk membeli apapun. Bahkan untuk barang-barang yang mungkin belum terlalu kita butuhkan.

Beda cerita kalau kita buat daftarnya. Kita mungkin akan merasa bahwa ada barang-barang yang seharusnya nggak kita beli.

Tambah Sumber Penghasilan dengan Bisnis

Ketika kita sudah melakukan semua tips menabung tanpa bingung tadi. Mungkin kita akan menemukan prioritas keuangan yang menjadi tujuan menabung.

Saat kita merasa waktu meraihnya terasa lama dan kita ingin mempercepatnya. Ada satu hal yang bisa kita lakukan yaitu menambah sumber penghasilan.

Kita bisa mencoba untuk memulai bisnis. Nanti aku akan menuliskan tentang langkah memilih bisnis dengan tepat deh. Tapi nggak dalam postingan ini ya, Gaes.

Ikuti Kelas Bisnis

Selain membagikan tips menabung untuk kita. Indscript Creative juga mengadakan kelas bisnis lho. Buat kita yang ingin fokus pada bisnis dan menabung lebih banyak agar tujuan keuangan cepat tercapai.

Nama kelasnya adalah Indscript kelas bisnis. Salah satunya adalah beberapa kelas naikin omset yang sudah kubahas pada postingan sebelumnya.

Jadi, gimana nih? Tertarik untuk ikutan Indscript kelas bisnis? Coba main ke landing pagenya ya! Klik alamat webnya https://tribelio.page/kumpulankelasbisnisindscript

Bacaan Menarik Lainnya:

Sumber Tulisan : https://www.instagram.com/p/CeLIjqIL0_7/

Posting Komentar

1 Komentar

  1. Terima kasih tipsnya. Ternyata receh juga tidak boleh diremehkan karena bisa menjadi sumber tabungan yang besar kalau dikumpulkan.

    BalasHapus

Terima kasih atas kunjungannya, jika anda memiliki saran, kritik maupun pertanyaan silahkan tinggalkan komentar anda.

close
Info Iklan Murid Blogspot