7 Tips Menulis Buku Ala Penulis Sekaligus Pebisnis

Menulis adalah kegiatan yang biasanya kita lakukan untuk menghabiskan waktu senggang. Tapi kadang kala, kegiatan ini juga bisa menjadi profesi yang mampu memberikan penghasilan pada kita.

Menurut Teh Indari Mastuti, ada seenggaknya 5 profesi dari menulis, yaitu penulis buku, content writer, blogger, resensor dan copywriter. Semuanya bisa menjadi jalan kita mencari passive income lho.

Bacaan Menarik Lainnya:

Apalagi penulis buku. Kalau buku kita menarik, maka akan ada banyak sekali pembaca yang mau memilikinya. Lalu, menjadi buku yang best seller dan memberikan banyak keuntungan untuk kita.

Tips Menulis Buku Ala Teh Indari Mastuti


Tips Menulis Buku
Sumber Foto: Website Canva


Mungkin ada banyak orang yang ingin menjadi penulis buku. Tapi nggak banyak yang konsisten melakukannya sampai buku bisa terbit.

Kalau alasannya karena nggak punya waktu untuk menulis, maka kita bisa mencari jasa ghostwriter. Tapi, kalau masalah teknis ya kita perlu tips menulis buku yang produktif.

Sebagai seorang penulis dan pebisnis yang sukses, Teh Indari Mastuti pernah membagikan tips produktif menulis buku melalui sosial medianya, sebagai berikut:

1. Menulis Setiap Hari

Nggak hanya asal bisa menulis setiap hari ya. Tapi kita harus menetapkan sebuah tujuan.

Contoh, kita ingin membuat target menulis minimal 100 kata dalam sehari. Maka, kita harus berkomitmen untuk menyelesaikan target yang sudah kita buat.

Bacaan Menarik Lainnya:

2. Hindari Mengedit saat Menulis

Aku punya kebiasaan menulis sambil mengedit. Sebenarnya kebiasaan sih. Ngetik satu kata dan terlihat ada yang typo langsung kubenerin. Atau nulis satu kalimat dan saat kubaca ulang kalimatnya terdengar sumbang juga pasti kubenerin dulu. Sampai aku merasa kalimatnya terdengar asyik.

Ini jelas membuang waktu banget yang justru malah menghambat proses kreatif kita saat menulis. Karena kelamaan berkutat pada satu kalimat eh ide kreatifnya melayang terbang dan terlupakan. Kita masih harus mencari ide yang lain lagi.

Sehingga, menulis dan mengedit dalam satu waktu itu adalah hal yang terlarang bagi penulis. Saat menulis ya fokus saja menuliskan apa yang sudah ada dalam pemikiran.

Bagian editing itu belakangan. Ketika semua ide sudah kita tuntaskan menjadi sebuah naskah tulisan.

3. Jauhkan Pengganggu

Pernah nggak saat ingin melakukan sesuatu malah tertunda karena scrolling sosial media? Aku sering mengalami ini.

Oleh karena itu, saat kita mau menulis. Coba deh jauhkan dulu smartphone dari kita. Biar kita bisa fokus menyelesaikan target dan nggak kehilangan proses kreatif yang ingin kita keluarkan.

4. Istirahatlah

Pemilik bisnis Indscript Creative ini juga menyebutkan mengenai istirahat. Okelah. Kita memang perlu fokus dalam menulis. Tapi, kita juga harus ingat bahwa kita perlu waktu istirahat.

Maka, jangan lupa mengistirahatkan mata, jari dan pikiran setiap jam sekali selama 10 menit ya. Alihkan perhatian dari laptop sejenak. Lakukan aktivitas lain yang menyenangkan. Biar kita bisa lebih fresh dan siap berkreasi dalam tulisan lagi.

5. Seimbangkan dengan Membaca


Seimbangkan dengan Membaca
Seimbangkan dengan Membaca (sumber foto: website canva)


Teh Indari Mastuti menyebutkan bahwa salah satu hal yang bisa menghambat motivasi dalam menulis adalah merasa nggak tahu mau menulis apa. Atau merasa kesulitan mau mengungkapkan isi di kepala.

Oleh karena itu, kita harus banyak membaca sebagai penyeimbang kegiatan kita menulis.

6. Menulis Seolah Berbicara

Aku sering melakukan ini. Apalagi kalau sedang menulis artikel. Seperti yang kulakukan saat ini. Menulis tentang tips menulis buku dari Teh Indari Mastuti.

Menulis seolah berbicara. Kita tulis apa yang ada dalam kepala. Nggak diam dan nggak berhenti menulis.

7. Berlatih Menulis Lepas

Terakhir adalah berlatih menulis lepas. Kita latihan menulis apa saja yang terlihat lalu mendeskripsikan apa yang kita lihat dengan terperinci.

Kalau kita mau fokus berlatih menulis dan nggak mau menggunakan jasa ghostwriter. Maka kita bisa ikut belajar bersama Indscript Jasa Nulis Buku.

Kita bisa memilih mau pake Indscript Jasa Nulis Buku Antologi untuk Expert atau Jasa Pendampingan Penulisan Buku Solo. Foundernya adalah penulis sekaligus pebisnis yang sudah sukses bernama Teh Indari Mastuti.

Yakin sih. Kita nggak hanya akan menulis buku saja. Tapi kita juga bisa menjual buku kita sendiri dengan bangga. Semoga bermanfaat.

Sumber:

  • https://www.instagram.com/indarimastutirezky/ 
  • https://tribelio.page/kenaliindscriptcreative
Bacaan Menarik Lainnya:

Posting Komentar

0 Komentar

close
Info Iklan Murid Blogspot