Belajar Copywriting Bagi Pemula untuk Memikat Konsumen dengan Hati

Belajar copywriting bagi pemula emang pas banget kalau sama owner Indscript Creative. Konon beliau memulai bisnisnya benar-benar dari organik. Nggak pake iklan berbayar sama sekali.

Jelas sekali. Beliau memikat setiap konsumennya dengan hati melalui copywritingnya yang keren banget.

Nggak heran sih kalau banyak di antara para konsumennya yang berubah menjadi sahabat baik, partner kerja, kolaborator hingga jadi kayak kakak dan adik. Loyalitasnnya nggak pernah berhenti deh.

Bacaan Menarik Lainnya:

Apa sih Copywriting?


belajar copywriting bagi pemula
Sumber Foto: Website Canva


Copywriting adalah kegiatan menulis iklan dengan tujuan untuk mempengaruhi dan mendorong konsumen agar melakukan tindakan tertentu agar tujuan kita tercapai. Misalnya, kita menulis copywriting tentang sebuah produk agar konsumen mengenal dan mau membelinya.

Bukan hanya itu saja sih. Tindakan bisa berupa memberi donasi, klik sebuah tautan, langganan produk, mengikuti akun sosial media tertentu dan lain-lain.

Belajar Copywriting Bagi Pemula

Coba perhatikan copywriting yang dibuat oleh founder Indscript Jasa Copywriting. Setiap tulisannya tu seolah menggiring rasa penasaran kita untuk mencari tahu lebih lanjut semua informasi yang beliau bagikan.

Indscript Creative memang fokus pada bidang bisnis dan Yayasan Perempuan Indonesia. Oleh karena itu, nggak heran kalau ownernya menjadi salah satu panutan atau contoh dalam belajar copywriting bagi pemula.

Ada beberapa formula yang bisa kita terapkan saat ingin belajar tentang copywriting, sebagai berikut:

1. Attention, Interest, Desire dan Action (AIDA)

Formula copywriting pertama adalah AIDA. Penjelasan detailnya adalah sebagai berikut:

  • Attention atau perhatian yang berarti menarik perhatian konsumen. Kita bisa menggunakan headline dengan ukuran huruf yang lebih besar dari yang lain.
  • Interest atau ketertarikan. Kita harus mendapatkan minat calon konsumen pada produk. Hal ini membutuhkan riset mengenai target market dan bagaimana perilakunya.
  • Desire atau keinginan. Formula ini mengharuskan kita untuk membuat calon konsumen agar semakin menginginkan produk yang kita tawarkan. Kita bisa menceritakan manfaat tentang suatu produk dan lain-lain.
  • Action atau aksi. Kita harus bisa mengarahkan konsumen agar melakukan tindakan tertentu. Caranya dengan membuat kalimat-kalimat ajakan. Tapi ingat ya! Buatnya harus sehalus mungkin ya! Hehehe….

Copywriting adalah cara memikat konsumen dengan hati
Sumber Foto: Website Canva


2. Problem, Agitate dan Solution (PAS)

Formula copywriting kedua adalah PAS. Beberapa orang lebih suka kalau menemukan solusi dari sebuah permasalahan daripada membaca manfaat produk. Kesannya lebih nyata saja fungsinya. Benar nggak?

Sehingga, penjelasan detail tentang formula PAS sendiri adalah sebagai berikut:

  • Problem atau masalah. Kita bisa mengangkat suatu masalah yang dekat dengan audiens. Agar kita bisa menyentuh emosi calon konsumen.
  • Agitate. Kita bisa membuat calon konsumen merasa gelisah sehingga mereka merasa harus segera memecahkan masalahnya melalui produk yang kita tawarkan.
  • Solution. Kita harus memberikan solusi pada calon konsumen dengan produk atau jasa yang kita miliki.

3. Feature, Advanteg dan Benefit (FAB)

Formula copywriting terakhir adalah FAB. Pada formula ini, kita membuat teks iklan dengan menonjolkan keunggulan dan keunikan dari produk. Detailnya sebagai berikut:

  • Feature berarti menonjolkan fitur atau keunggulan produk atau jasa yang kita punya pada calon konsumen.
  • Advantage yaitu memberikan penjelasan mengenai keunggulan dari fitur produk atau jasa.
  • Benefit maksudnya menerangkan manfaat produk untuk para calon konsumen khususnya saat mereka memutuskan untuk membeli produk atau jasa kita.
Bacaan Menarik Lainnya:

Nggak Sempat Belajar Copywriting?

Belajar copywriting bagi pemula mungkin akan membutuhkan waktu yang panjang. Gimana kalau kita nggak sempat?

Padahal kita pingin iklan yang kita buat bisa memberikan hasil yang maksimal. Kalau bisa dalam tempo yang sesingkat-singkatnya. Hehehe….

Indscript Jasa Copywriting

Indscript Creative membuka banyak jasa lho, salah satunya adalah jasa copywriting. Kalau kita nggak sempat belajar. Maka kita bisa kok memanfaatkan jasa mereka.

Apalagi Indscript Creative memiliki metode membangun copywriting yang menyentuh hati target market. Sehingga, mereka bisa tertarik tanpa merasa disodori iklan secara terbuka.

Intinya, nggak bakal rugi deh memanfaatkan Indscript Jasa Copywriting. Jadi tunggu apa lagi? Nggak sempat belajar ya pake jasa wae. Biar cepat efeknya gitu lho. Semoga bermanfaat.

Sumber:

  • https://www.instagram.com/indarimastutirezky/
  • https://tribelio.page/kenaliindscriptcreative
  • https://tribelio.page/kontendanbahanpromosi
Bacaan Menarik Lainnya:

Posting Komentar

0 Komentar

close
Info Iklan Murid Blogspot