Bersama 2 Komunitas Indscript Creative Bisa Saling Menguatkan dalam Bisnis dan Menulis

Sebenarnya, aku sudah mulai suka menulis sejak masa putih abu-abu. Menjadikannya sebagai kegiatan untuk mengisi waktu-waktu senggang di sela kegiatan pesantren.

Aku menulis kisah-kisah fiksi di buku yang kemudian menjadi semacam hiburan untuk teman-teman sekamar. Katanya ceritaku bagus. Ada yang sampai baper dengan jalan ceritanya.

Tapi begitu lulus SMA dan aku kuliah di Madura. Kegiatan menulisku berhenti. Sebenarnya berganti genre sih. Yang awalnya menulis kisah-kisah fiksi ganti menjadi menulis tugas-tugas kuliah. Namanya juga tuntutan ya. Hehehe….

Bacaan Menarik Lainnya:

Berkenalan dengan Website


Komunitas Ibu-ibu Doyan Nulis
Sumber Foto: Website Canva


Saat kuliah sekitar tahun 2008-2012, aku mulai berkenalan dengan platform menulis di website. Aku lupa apa alamat persisnya. Karena websitenya udah nggak ada lagi. Aku banyak menulis di sana. Curhatan-curhatan semasa kuliah.

Sayangnya, kegiatan menulis di website itu pun nggak bertahan lama. Aku nggak punya teman berbagi cerita untuk pengembangan websiteku.

Lalu saat bekerja di Kalimantan sekitar tahun 2012-2015, aku mulai buat blog melalui blogger.com. Dan lagi-lagi nggak ada kemajuan apapun.

Kupikir akan lebih baik kalau bergabung dalam komunitas yang sesuai dengan minat dan passionku. Seenggaknya ada orang-orang yang bisa kita ajak untuk bertukar pendapat. Istilah kerennya saling menguatkan gitu deh.

Seperti yang kubaca dalam postingan pemilik Indscript Creative. Perusahaan yang fokus di bidang bisnis dan pemberdayaan perempuan Indonesia. Beliau adalah Teh Indari Mastuti. Begini tulisannya:

“Perempuan memang ditakdirkan bersama untuk saling menguatkan bukan saling menjatuhkan.”

Kalau Teman-teman ingin mencari komunitas perempuan agar bisa menjadi motivasi untuk konsisten dalam hal bisnis dan menulis. Maka kusarankan untuk mengikuti komunitas Indscript Creative.

Bacaan Menarik Lainnya:

2 Komunitas Indscript Creative

Indscript Creative berdiri sejak 8 September 2007. Artinya mereka sudah konsisten berkarya selama 15 tahun di dunia penulisan, pembuatan konten website atau sosial media dan sukses menghandle klien korporasi maupun perorangan.

Sebentar lagi mereka akan mengadakan Milad Indscript 15 tahun. Salah satu rangkaian acara Milad Indscript 15 tahun adalah challenge One Day One Article periode 4 Agustus – 4 September.

Mengikuti challenge seperti ini akan terasa berat kalau nggak ada yang saling menguatkan. Kita pasti punya banyak kegiatan yang bisa menjadi distraksi untuk mengerjakan.

Ini dia 2 komunitas Indscript Creative yang bisa kita ikuti, yaitu:

Komunitas Ibu-ibu Doyan Nulis

Teh Indari Mastuti mendirikan Komunitas Ibu-ibu Doyan Nulis (IIDN) pada bulan Mei 2010. IIDN memiliki tujuan sebagai wadah untuk para penulis perempuan di Indonesia.

Komunitas ini memiliki program rutin yang bisa kita ikuti untuk menguatkan kegiatan menulis. Salah satunya adalah program rutin berbasis Facebook Group yang mewadahi kegiatan diskusi dan aktivitas kepenulisan.

IIDN juga memfasilitasi kegiatan penulisan dan penerbitan buku bagi anggotanya. Mau itu buku solo atau antologi yang ditulis bareng-bareng.

Coba deh ikut komunitas Ibu-ibu Doyan Nulis! Kita bisa saling menguatkan antar anggota dalam kegiatan nulis ‘kan. Yakin deh! Kita nggak akan mudah memutuskan hubungan dengan website atau blog yang sudah kita bangun sejak awal.

Komunitas Ibu-ibu Doyan Bisnis


Komunitas Ibu-ibu Doyan Bisnis
Sumber Foto: Website Canva


Teh Indari Mastuti mendirikan Komunitas Ibu-ibu Doyan Bisnis (IIDB) pada tanggal 8 Oktober 2011. Komunitas ini eksis karena banyak ibu-ibu yang mengiklan di komunitas IIDN. Padahal komunitas itu adalah untuk menulis.

Sehingga awalnya, IIDB berfungsi untuk mengakomodir ibu-ibu yang suka bisnis tapi belum tergerak untuk suka menulis. Mereka sudah punya bisnis untuk dibranding.

Oleh karena itu, syarat utama menjadi member Komunitas Ibu-ibu Doyan Bisnis adalah perempuan yang punya bisnis. Peraturan IIDB, kita nggak boleh beriklan. Karena nggak semua orang bisa beriklan dengan sangat baik.

Tapi, Teh Indari Mastuti banyak melakukan sharing tentang bisnis. Sehingga, kita bisa banyak belajar untuk menerapkan mana saja materi yang cocok untuk bisnis kita.

Sehingga, jika kita ikut dalam komunitas IIDB. Maka kita bisa saling menguatkan dalam hal bisnis dengan sesama member.

Bersama untuk Saling Menguatkan dalam Hal Bisnis dan Menulis

Maka dari itu, nggak salah bila kemudian Pemilik Indscript Creative ini menuliskan bahwa perempuan bersama untuk saling menguatkan bukan saling menjatuhkan.

Kita bisa menguatkan dalam hal apa saja, yang penting untuk kebaikan. Bisa dalam hal bisnis atau kegiatan menulis. Semoga bermanfaat.

Sumber:

  • https://www.instagram.com/indarimastutirezky/ 
  • https://indscriptcreative.com/ 
  • https://ibuibudoyannulis.com/ 
  • https://www.youtube.com/c/IndscriptCreative
Bacaan Menarik Lainnya:

Posting Komentar

0 Komentar

close
Info Iklan Murid Blogspot