Cek Persiapan Sebelum Memulai Bisnis, Mudahkan dengan Berdoa, Membaca dan Berusaha

Kesuksesan bukan sesuatu yang bisa kita dapatkan dengan mudah. Ada perjuangan bahkan air mata yang mungkin ikut terlibat di dalamnya.

Apalagi saat kita bicara soal usaha. Banyak orang yang mampu memulai bisnis. Tapi, nggak banyak orang yang bertahan di tengah terpaan badai yang menghadang usahanya.

Oleh karena itu, kita butuh persiapan sebelum memulai bisnis yang matang. Biar nggak terkesan main-main dan kesuksesan bisa kita raih.

Persiapan Sebelum Memulai Bisnis


persiapan sebelum memulai bisnis
Sumber Foto: Website Canva


Indscript Creative adalah salah satu perusahaan yang fokus di bidang bisnis dan naskah. Mereka pun nggak segan membagikan tips dan trik terkait bisnis dan menulis. Salah satunya adalah persiapan sebelum memulai bisnis yang akan kita bahas dalam artikel ini.

Normalnya, kita akan melakukan segala sesuatu dengan usaha terbaik dari kita. Mau itu tentang pekerjaan atau kehidupan pribadi.

Bacaan Menarik Lainnya:

Begitu pula saat kita memutuskan untuk buka usaha. Ada beberapa persiapan sebelum memulai bisnis yang harus kita lakukan dengan sebaik-baiknya, sebagai berikut:

1. Modal Usaha

Hal yang paling utama adalah modal usaha. Ini bukan cuma berkaitan dengan dana saja ya, Gaes. Tapi juga soal kemampuan dan pengetahuan tentang bisnis yang ingin kita jalankan.

Misalnya, kita ingin buka coffee shop. Seenggaknya kita harus paham mengenai cita rasa kopi atau makanan ringan yang cocok untuk temannya. Pengetahuan ini akan memudahkan kita saat ingin melakukan diversifikasi menu dan lain-lain.

2. Online atau Offline

Persiapan sebelum memulai bisnis kedua adalah bisnisnya akan kita lakukan secara online atau offline. Hal ini berkaitan dengan persiapan lokasi usaha yang ingin kita jalankan.

Kalau pilih bisnis online, maka kita bisa memanfaatkan media sosial atau marketplace. Lalu optimasi biar semakin banyak customer yang singgah di toko online milik kita.

Sementara kalau pilih bisnis offline, maka kita perlu menyediakan tempat usaha seperti toko untuk display produk dan lain-lain. Kemudian lakukan promosi agar semakin banyak orang tahu tentang toko kita.

3. Pilihan Produk yang Akan Kita Jual

Persiapan sebelum memulai bisnis yang paling utama adalah produk. Kita harus memilihnya dengan benar. Bisa berdasarkan hobi, kayak alat-alat pancing bagi yang hobi mancing dan sebagainya.

4. Pasokan Bahan Baku


Cari Supplier yang Tepat
Sumber Foto: Website Canva


Begitu kita tahu mau jual produk apa, maka kita harus tahu di mana kita bisa mendapatkan supplier dari produk tersebut. Ada beberapa pertimbangan dalam mencari supplier, seperti:

  1. Kelengkapan produk.
  2. Tingkat kepercayaan pelanggan pada supplier tersebut.
  3. Kredibilitas supplier.
Bacaan Menarik Lainnya:

5. Target Pasar

Kita sudah tahu mau jual produk apa dan carinya ke supplier mana. Berikutnya, kita harus mempersiapkan data mengenai siapa saja yang akan menjadi target marketnya.

Pemilihan target market yang tepat akan semakin mempermudah kita dalam berjualan.

6. Sumber Daya Manusia

Sumber daya manusia adalah siapa yang akan mengelola usahanya. Ini penting untuk kita persiapkan. Terlebih kalau kita memilih usaha kuliner. Maka kita akan membutuhkan koki untuk menyiapkan produk yang akan kita jual.

7. Promosi yang Tepat

Promosi adalah kegiatan untuk meningkatkan produk baik berupa barang atau jasa ke arah yang lebih baik. Kegiatan ini bisa juga sebagai upaya untuk mempengaruhi, menyampaikan sesuatu, membujuk dan meningkatkan target market dari sebuah usaha.

Kegiatan promosi bertujuan untuk menarik perhatian pembeli, branding, bersaing dengan kompetitor sampai meningkatkan keuntungan.

Oleh karena itu, kita harus mempersiapkan dengan matang. Agar apa yang menjadi tujuan kita bisa terealisasi dengan baik.

8. Sikap dan Perilaku Terhadap Pelanggan

Bagaimana bersikap dan berperilaku terhadap pelanggan adalah hal penting yang harus kita persiapkan. Dalam usaha, kita pasti inginnya berkelanjutan. Sehingga, kita selalu berharap pelanggan akan sangat loyal dan menjadikan kita sebagai pilihan untuk mencari produk yang kita miliki.

9. Doa

Persiapan sebelum memulai bisnis yang terakhir adalah doa. Kita nggak pernah tahu apa yang nanti akan kita hadapi. Kalau usaha berjalan lancar. Itu adalah hal yang bagus. Tapi kalau nggak, ya kita perlu mengevaluasi semuanya.

Apa yang perlu kita perbaiki? Bagian mana yang perlu dikurangi dan lain-lain.

Indscript Creative sebagai perusahaan yang besar juga bukan nggak pernah mengalami kesulitan. Cuma hal terpentingnya adalah bagaimana bisa terus bertahan dan kembali berjuang saat mengalami kesulitan.

Kesulitan Hanya Sementara, Mudahkan dengan Berdoa, Membaca dan Berusaha

Satu pesan dari Teh Indari Mastuti, founder Indscript Creative, yang beliau sampaikan melalui sosial medianya. Kesulitan hanya bersifat sementara. Kita selalu bisa terus berjuang sampai kesuksesan kembali kita raih.

Kita bisa memudahkan setiap usaha kita dengan doa. Selain itu, kita juga bisa berikhtiar dengan belajar dan membaca.

Ada Indscript Kelas Bisnis yang bisa kita ikuti, seperti kelas naikin omzet di Whatsapp, kelas naik profit, kelas follow up ala heart selling dan lain-lain. Semua kelasnya menarik dan memiliki materi yang bagus untuk setiap usaha yang kita lakukan.

Tapi seberapa banyak pun Indscript Kelas Bisnis yang kita ikuti. Kalau kita enggan membaca materi yang tersedia. Maka semua akan menjadi sia-sia.

Jadi? Sudahkah kita membaca hari ini?

Sumber:

  • https://www.instagram.com/indscriptcreative_/
  • https://www.instagram.com/indarimastutirezky/
Bacaan Menarik Lainnya:

Posting Komentar

0 Komentar

close
Info Iklan Murid Blogspot