6 Dampak Buruk Malas Membaca Buku Bagi Kita, Yuk Mulai Rajin Membaca!

Teh Indari Mastuti mengajarkan bahwa nggak harus kemana-mana untuk bisa berkarya. Ibu-ibu yang hanya berdiam di rumah pun bisa punya karya dan penghasilan. Asal nggak malas membaca buku dan mau berusaha.

Owner Indscript Creative inipun memberikan beberapa catatan mengenai dampak buruk malas membaca buku. Beliau membagikannya melalui akun sosial media agar bisa kita baca dan menjadi bahan renungan.

Kira-kira begini tulisannya. Kalau ada yang kurang tepat, boleh dikoreksi melalui kolom komentar ya, Teman-teman.

Dampak Buruk Malas Membaca Buku


Dampak Buruk Malas Membaca Buku
Sumber Foto: Website Canva


Tahu ‘kan minat membaca buku di Negara kita tuh kecil banget. Bahkan menurut data UNESCO, nilai minat baca masyarakat Indonesia cuma 0,001% doang.

Hal ini berarti dari 1000 orang Indonesia, cuma 1 orang yang suka membaca. Memprihatinkan banget ‘kan Gaes?

Padahal, ada seenggaknya 6 dampak buruk malas baca buku yang akan kita alami. Catatan ini dibagikan oleh wanita yang mengawali kiprah menulisnya pada tahun 1996 melalui akun sosial medianya.

1. Nggak Percaya Diri

Kita merasa percaya diri saat membahas hal yang sudah pernah kita lalui. Ini sejalan dengan apa yang Teh Indari Mastuti sebutkan dalam postingannya.

Sumber dari tingkat kepercayaan diri seseorang adalah seberapa banyak pengalaman hidupnya.

Tapi, kita bisa mendapatkan pengalaman tersebut dari sudut pandang seorang penulis. Terutama saat dia menuliskan tentang isu tertentu.

Maka, saat kita malas membaca buku. Kita akan merasa nggak percaya diri. Iya nggak sih?

2. Nggak Punya Banyak Topik Pembicaraan

Kalau lagi mengobrol sama teman. Tentu akan lebih baik kalau kita punya banyak topik pembicaraan.

Masalahnya, kita akan punya beragam topik kalau rajin membaca. Kalau nggak? Ya, kosa kata yang kita punya akan sangat terbatas.

Nggak heran jika kita bisa kehabisan topik pembicaraan. Bahkan sebelum waktu pertemuan kita berakhir dengan teman. ‘Kan sayang banget kalau ketemu hanya untuk saling berdiam diri satu sama lain.

Bacaan Menarik Lainnya:

3. Wawasan yang Sempit

Ketika kita masih berada di masa-masa studi, maka hendaknya kita rajin membaca buku. Bukan hanya tentang materi pembelajaran. Tapi juga topik umum lainnya.

Hal ini tentu baik untuk menunjang masa-masa belajar. Kita akan memiliki wawasan yang sangat luas.

Sebaliknya, kalau kita malas membaca buku. Maka kita akan memiliki wawasan yang sempit. Bisa jadi, waktu studi yang harus kita tempuh akan lebih lama dari biasanya. Bukannya ini malah merugikan kita?

4. Gampang Berburuk Sangka


Mudah Menerbarkan Hoax
Sumber Foto: Website Canva


Tahu nggak sih kenapa hoax mudah tersebar luas? Karena kita malas membaca.

Ketika ada berita yang tersebar di sosial media. Kita enggan untuk membaca dan mencari tahu kebenarannya terlebih dahulu.

Saat beritanya tentang keburukan seseorang, maka kita akan percaya begitu saja. Alih-alih mencari tahu apakah berita itu benar atau nggak, kita malah membagikannya.

Jadilah berita hoax tersebar. Dan kita berperan dalam menebarkan prasangka buruk.

5. Sulit Nimbrung dalam Diskusi

Ada kalanya, saat nongkrong dengan rekan kerja. Kita merasa terkucilkan. Sebenarnya bukan karena rekan kerjanya berniat begitu. Bisa jadi karena kita yang nggak mengerti tentang apa yang sedang dibahas.

Bacaan Menarik Lainnya:

6. Susah Mendalami Public Speaking

Teh Indari Mastuti founder Komunitas Ibu-ibu Doyan Nulis bilang bahwa membaca buku bisa meningkatkan kosa kata dan tingkat kepercayaan diri kita. Beliau bilang kita akan lebih mudah dalam merangkai kata.

Sementara kemampuan public speaking membutuhkan semua hal tersebut. Kebayang dong ya, kalau kita malas membaca buku. Maka kita akan kesulitan mendalami kemampuan public speaking.

Habit Orang Sukses: Rajin Membaca Buku

Ada satu tulisan Teh Indari Mastuti yang seolah menyentilku. Gimana ya? Adikku masih sekolah. Tapi, kuperhatikan dia nggak pernah membaca buku kalau di rumah.

Rasanya aku sudah berulang kali menegurnya. Beberapa hari mungkin dia akan rajin membaca. Selebihnya kembali lagi ke habit semula.

Kata Teh Iin, coba deh mulai dari diri kita. Kalau kita malas membaca ya gimana mau meminta orang lain untuk rajin membaca?

Katanya mau bergabung ke Komunitas Ibu-ibu Doyan Nulis. Komunitas yang berada di naungan Indscript Creative itu lho. Di mana kita akan belajar dan berusaha untuk meningkatkan kemampuan menulis dan penghasilan. Tapi apa yang akan kita tulis kalau malas membaca?

Yuklah semangat membaca. Karena habit orang sukses ya rajin membaca buku dong! Semoga bermanfaat.

Sumber:

  • https://www.instagram.com/indarimastutirezky/
  • https://tribelio.page/kenaliindscriptcreative
Bacaan Menarik Lainnya:

Posting Komentar

0 Komentar

close
Info Iklan Murid Blogspot