Pelajaran Kehidupan Ala Teh Indari Mastuti: Pebisnis Mesti Kreatif dan Produktif

Dear A’ Eril adalah salah satu dari banyaknya buku karya Teh Indari Mastuti. Sebuah buku antologi yang diinisiasi oleh beliau dan kawan-kawan di Indscript Creative. Buku yang lahir karena beliau dan para ibu lainnya turut merasakan kesedihan yang Ibu Atalia rasakan.

Kali ini aku nggak akan menuliskan tentang bukunya. Tapi salah satu penulis buku tersebut. Yupz. Teh Indari Mastuti, pengusaha di bidang jasa penulisan dengan brand Indscript Creative.

Aku sudah beberapa kali mengikuti webinar Teh Indari. Baik ketika beliau mendatangkan seorang narasumber seperti Koh Denny Santoso atau saat beliau sendiri yang mengisi webinarnya.

Semua itu memberikan pelajaran kehidupan yang nggak ternilai harganya buatku. Bagaimana menyikapi mimpi kita dan lain sebagainya.

Bacaan Menarik Lainnya:

Mengenal Teh Indari Mastuti, Founder Indscript Creative


perjalanan kehidupan ala teh indari mastuti


Teh Indari Mastuti adalah seorang yang memulai karir sebagai penulis buku sejak tahun 2004. Bahkan jauh sebelum itu, artikel pertamanya sudah termuat di media cetak. Ketika beliau masih duduk di bangku SMA sekitar tahun 1996.

Sejak saat itu, beliau pun aktif menulis dan mengirimkan tulisannya ke beberapa media cetak. Hampir setiap hari, rasanya ada saja tulisan beliau yang terbit di media cetak.

Hingga tahun 2007 beliau mendirikan bisnis Indscript Creative dengan core business agensi naskah. Nanti akan kuceritakan bagaimana perjalanan beliau memulai ini juga up and downnya pada postingan lain ya, Gaes.

Pada tahun 2009, beliau mulai menjadi penulis biografi. Salah satunya adalah kisah owner Brownies Amanda dan 89 Cara Bahagia ala Atalia. Yes, ibunda Almarhum A’ Eril yang juga belahan hati Bapak Ridwan Kamil.

Nggak heran sih kalau Teh Indari Mastuti telah menulis sekitar 347++ karya yang terdiri dari buku, ebook, hingga jurnal. Coba deh mampir ke akun instagram beliau di @indarimastutirezky. Ada banyak sekali tips-tips tentang kepenulisan dan bisnis yang beliau bagikan.

Aku sendiri sudah beberapa kali terlibat dalam project Indscript Creative. Mulai dari memperkenalkan BPR yang memudahkan UMKM dalam pemberian pinjaman modal, tribelio page untuk media personal branding sampai klinik kehamilan sehat.

Bacaan Menarik Lainnya:

Pelajaran Kehidupan Ala Teh Indari Mastuti

Nggak bosan rasanya aku mampir ke akun media social pemilik bisnis Indscript Creative. Aku bisa terus memperbaiki teknik kepenulisanku dari tips-tips yang beliau bagikan lho.

Selain itu, ada beberapa pelajaran kehidupan ala teh Indari Mastuti yang bisa kita ikuti, sebagai berikut:

1. Jangan Lelah untuk Mewujudkan Mimpi


jangan lelah mewujudkan mimpi


Kita semua pasti punya mimpi. Aku punya. Kalian juga. Tapi, apa sih sikap kita saat setiap usaha yang kita lakukan ternyata gagal menghantarkan kita meraih mimpi?

Pasangan halal Kang Deky Tasdikin ini pun menceritakan dalam salah satu postingan social medianya. Bahwa setiap kali merasakan jatuh, mereka akan bangkit dengan pola yang berbeda.

Selain itu, dukungan dari sang suamilah yang menguatkan beliau. Kebersamaan keluarga ini mengurangi rasa lelah dalam langkahnya meraih mimpi.

Intinya adalah beliau ingin memberitahukan bahwa kita nggak boleh lelah dalam mewujudkan mimpi.

Bacaan Menarik Lainnya:

2. Lakukan yang Terbaik Meski Kita Bukan yang Paling Baik

Kita mungkin bukan seorang yang terbaik di bidang yang sedang kita tekuni. Tapi, Teh Iin, begitu sapaan akrabnya, bilang bahwa kita nggak boleh minder.

Hal yang perlu kita lakukan adalah melakukan apa yang menjadi tugas kita dengan baik. Maka, nggak mustahil kita bisa mendapatkan hasil yang terbaik.

Seperti Indscript Creative saat ini. Selain sejuta pebisnis, masih ada lagi sejuta penulis. Eh sekarang kok ya mulai merambah ke sejuta blogger. Gimana nggak keren sih?

Jadi, ayo semangat. Aku yakin aku bisa. Kalian juga pasti bisa.

3. Senantiasa Bersyukur

Penulis novel Izinkan Aku Mencinta ini bilang bahwa bersyukur adalah obat saat kita sedang merasa lelah. Kadang kita memang nggak terlalu memperhatikan nikmat apa saja yang sudah kita terima.

Maka, ada baiknya saat diri merasa lelah. Kita nggak pernah berhenti bersyukur.

Banyak hal yang bisa kita syukuri. Nafas yang masih berhembus. Ikan asin yang lezat saat makan siang. Listrik yang bisa menghidupkan laptop untuk kita bekerja. Dan masih banyak lagi.

Sudahkah kita bersyukur hari ini?

4. Jangan Down Ketika Karyamu Dikritik Orang

Namanya juga karya. Ada yang suka dan pasti ada juga yang nggak suka. Makanya, kadang muncul kritik yang tertuju pada kita.

Tapi, Gaes! Menurut pemilik kontrak penulisan biografi mencapai 120 juta ini menyampaikan dalam satu postingannya.

Bahwa kita nggak perlu merasa down saat ada yang mengkritik. Malahan, harusnya kita menjadikan kritik tersebut membangun karya kita. Membuat karya kita semakin baik. Membuatnya menjadi lebih sempurna.

5. Nggak Ada Langkah yang Nggak Retak, Maaf Menyempurnakannya

Terlepas dari urusan karya, ternyata nggak semua orang akan menyukai kita. Tapi, Gaes! Ada satu postingan pemilik bisnis Indscript Creative ini di akun media sosialnya mengenai hal ini.

Beliau bilang bahwa kita nggak perlu lho mengkhawatirkan mereka yang nggak suka sama kita. Mungkin saja ‘kan kalau mereka nggak kenal kita. Atau mungkin mereka tahu kita. Tapi nggak benar-benar tahu. Intinya begitulah.

Asal apa yang kita lakukan baik dan nggak merugikan orang lain. Apalagi kita nggak melakukan hal-hal yang melanggar aturan hukum agama dan Negara. Maka nggak masalah. Jalan saja terus.

6. Terus Belajar

Satu hal yang kupelajari dari ibu tiga anak ini. Dalam setiap webinarnya, beliau selalu memperlihatkan bahwa beliau excited bertemu dengan orang-orang hebat. Alasannya adalah karena beliau bisa menyerap ilmu dan pengalamannya secara langsung.

Aku berpikir beliau adalah orang yang hebat. Tapi selalu merasa haus akan ilmu dan ingin terus belajar. Apa kabar aku?

Jadi, nggak ada yang namanya berhenti belajar. Ilmu itu dinamis. Kita harus terus belajar agar nggak ketinggalan informasi dan pengetahuan.

7. Pebisnis Mesti Kreatif dan Produktif

Pelajaran Kehidupan Ala Teh Indari Mastuti yang terakhir menurutku adalah pebisnis mesti kreatif dan produktif.

Lihat saja Teh Iin. Berapa banyak karya yang beliau hasilkan. Itu menunjukkan betapa produktif dan kreatifnya beliau.

Dalam artian menjadi pebisnis nggak bisa hanya berdiam diri saja. Kita harus bisa memberdayakan semua sumber daya yang kita miliki. Sampai akhirnya bisa bertumbuh bersama.

Sebenarnya, Gaes! Ada banyak lagi pelajaran kehidupan ala Teh Indari Mastuti yang bisa kita contek dari setiap postingannya. Pemilik bisnis Indscript Creative ini nggak segan membagikan semua pengalaman hidupnya di akun media sosialnya. Coba deh kunjungi di instagram @indarimastutirezky.

Sumber: https://www.instagram.com/indarimastutirezky/

Tulisan ini adalah perjalanan Writing Challenge One Day One Article Indscript

Bacaan Menarik Lainnya:

Posting Komentar

0 Komentar