6 Hal yang Bantu Sukses Meraih Target, Harus Punya Deadline yang Pasti

Beberapa waktu lalu, ketika aku masih bekerja di perusahaan perkebunan kelapa sawit. Aku berteman dengan yang namanya target. Mau itu target produksi atau perawatan tanaman.

Jadi, kupikir benar kata Teh Indari Mastuti. Beliau bilang bahwa memiliki target adalah kewajiban setiap profesi. Dengan begitu kita jadi termotivasi mencapai tolok ukur kesuksesan.

Begitu juga beliau. Perusahaannya sampai pada milad Indscript 15 tahun bukan tanpa alasan. Pasti ada target-target yang menemani untuk ditaklukan.

Hal yang Bantu Sukses Meraih Target


Hal yang Bantu Sukses Meraih Target
6 Hal yang Bantu Sukses Meraih Target Ala Teh Indari Mastuti


Teh Indari Mastuti membagikan 6 hal yang bantu sukses meraih target melalui akun Instagramnya, sebagai berikut:

1. Buat Target Realistis

Nggak ada masalah kok kalau kita mau optimis. Malah saat ingin meraih kesuksesan, sikap optimis adalah salah satu hal yang sangat kita perlukan.

Tapi, ingat ya Gaes! Selain optimis, kita juga perlu membuat target yang realistis.

Contohnya begini. Kita mungkin ingin menjadi seperti founder Komunitas Ibu-ibu Doyan Nulis. Jago dalam menulis dan bisa menerbitkan banyak buku dalam setahun.

Lalu kita optimis bisa menerbitkan 3 buku selama setahun. Nggak masalah kok. Bebas dan sah-sah saja dengan target itu.

Tapi, coba deh pikirkan lagi! Kita adalah penulis pemula dan masih harus banyak belajar. Apakah realistis kalau kita saja masih butuh bimbingan dan masuk kelas Indscript Jasa Penulisan saja langsung punya target segitu?

Bacaan Menarik Lainnya:

2. Miliki Program yang Jelas

Pada kesempatan milad Indscript 15 tahun, aku berpikir bahwa foundernya pasti memiliki program yang jelas untuk menyelesaikan setiap targetnya.

Katakan saja kita punya target untuk menerbitkan buku. Maka, kita juga harus mulai menyusun program untuk mencapai target tersebut.

Salah satu contohnya adalah dengan mengikuti Indscript Jasa Penulisan. Pada kelas itu, kita akan mendapat kesempatan untuk menyelesaikan buku solo atau pun antologi.

Di akhir program, kita bisa langsung menerbitkan naskah yang kita tulis.

3. Punya Komitmen yang Kuat

Ternyata punya target saja nggak cukup lho. Kita juga butuh komitmen yang kuat untuk bisa meraih target.

Misalnya, kita pingin menerbitkan buku solo. Tapi, kita enggan cari ide dan referensi. Menulis pun nggak konsisten.

Lalu, gimana kita bisa mencapai apa yang menjadi target kita? Mimpi sajalah ya! Hehehe....

4. Tentukan Waktu yang Jelas


Waktu Pencapaian Target
Kita harus menentukan waktu pencapaian target yang jelas


Masih dengan target untuk menerbitkan buku. Tapi, nggak tahu kapan harus menyelesaikannya. Yakin, bukunya akan bisa terbit?

Oleh karena itu, Teh Indari menambahkan untuk menentukan waktu yang jelas. Kapan kita harus meraih target tersebut? Anggap saja deadline yang pasti gitu. Misalnya, akhir tahun 2022.

Dengan demikian, kita bisa semakin berusaha keras menyelesaikan setiap cara atau tahapan agar buku kita bisa terbit tepat waktu.

Konon katanya, saat ikut kelas pendampingan menulis buku solo. Teh Indari Mastuti akan fokus membantu setiap detail prosesnya kecuali urusan menulis.

Beliau juga akan mengatur tenggat waktu agar nggak meleset dari waktu yang sudah kita tentukan.

Bacaan Menarik Lainnya:

5. Punya Kekuatan Tanpa Batas

Saat kita sedang berusaha mencapai target untuk menerbitkan buku tahun ini bersama founder Sekolah Perempuan Indscript. Bukan nggak mungkin kita akan bertemu dengan tantangan.

Maka dari itu, kita harus merasa yakin bahwa kita punya kekuatan untuk melaluinya. Kekuatan tanpa batas. Kita juga boleh menganggap diri sebagai super power kok.

6. Lingkungan yang Mendukung

Kadang bersama orang yang rajin saja, kita masih malas-malasan. Apalagi kalau bersama orang yang nggak punya target dalam hidupnya. Alamat deh. Kita juga bakal ikutan cuek sama target yang sudah kita buat.

Untuk meminimalisir hal itu, kita harus memilih lingkungan yang mau mendukung kita. Lingkungan yang bisa memberikan dampak positif pada kita.

Contohnya saja, kita bisa ikut Komunitas Ibu-ibu Doyan Nulis. Di sana kita bisa sharing ilmu dan pengalaman tentang kepenulisan. Mereka juga bisa kita mintai pendapat perihal kekurangan yang ada di naskah kita. Sehingga, kita bisa menyempurnakannya.

Hal yang Bantu Kita Sukses Meraih Target

Target bukan hanya tentang menerbitkan buku ya. Kalau targetnya berkaitan dengan omset juga bisa kok. Misalnya, berapa nominal penjualan yang harus kita dapatkan bulan September 2022 dan lain-lain.

Hal yang bantu sukses meraih target juga nggak jauh bedalah dengan yang kita sebutkan tadi. Kalau bisa jangan ada hal yang kita skip. Biar makin mudah meraih target kita.

Semoga bermanfaat.

Sumber:

  • https://tribelio.page/kenaliindscriptcreative
  • https://tribelio.page/pendampinganpenulisanbukusolo
  • https://www.instagram.com/indarimastutirezky/
Bacaan Menarik Lainnya:

Posting Komentar

0 Komentar

close
Info Iklan Murid Blogspot