5 Kebiasaan Pebisnis yang Harus Kita Miliki

Siapa sih yang nggak ingin jadi pebisnis yang sukses? Cewek pun juga pasti mau. Kayak Teh Indari Mastuti, penulis sekaligus pebisnis yang kukagumi itu.

Beliau berhasil membawa Indscript Creative menjadi sebesar sekarang. Meski harus merasakan jatuh-bangun pada masa pandemi. Sampai-sampai menggelontorkan tabungan pribadi demi mempertahankan usaha.

Aku berpikir memang nggak mudah menjadi pebisnis sukses. Kita harus memiliki kebiasaan pebisnis yang baik untuk bertumbuh dan sukses.

Kebiasaan Pebisnis yang Baik


kebiasaan pebisnis


Menjadi pebisnis bukan hanya tentang latar belakang doang sih. Saat ini sudah banyak kok pebisnis-pebisnis sukses. Ada yang cuma lulusan SMP, SMA sampai perguruan tinggi.

Semua orang bisa kok berbisnis. Apalagi di era kemajuan teknologi seperti saat ini. Yang bahkan hanya bermodal ponsel saja bisa berpenghasilan. Nggak perduli meski kita sedang berada di rumah saja.

Melalui akun sosial medianya yaitu Instagram. Indscript Creative membagikan 5 kebiasaan pebisnis yang baik yaitu bangun lebih awal, mau menjadi pendengar yang baik, percaya diri, memenuhi janji tepat waktu dan positive minded. Pokoknya hal-hal yang positif lah ya.

Bacaan Menarik Lainnya:

1. Bangun Lebih Pagi

Biasakan diri untuk bangun lebih pagi. Dengan begitu kita bisa mempersiapkan banyak hal lebih awal. Misalnya membuat jurnal, membuat rencana mingguan plus strateginya, olahraga bahkan sekedar mempersiapkan sarapan untuk keluarga.

Bangun lebih pagi akan membuat kita jadi lebih segar. Apalagi bagi umat muslim. Bukan hal yang asing lagi. Karena kita harus mengawali hari dengan sholat subuh.

2. Menjadi Pendengar yang Baik

Bukan rahasia lagi ya. Pebisnis bakal bertemu sama banyak orang lain, mulai dari pihak supplier, pemberi modal, customer dan lain-lain.

Saat bertemu dengan mereka, ada baiknya kita mau menjadi pendengar yang baik. Gimana maksudnya?

Pendengar yang baik adalah seorang yang fokus mendengar apa yang dibicarakan oleh si lawan bicara. Salah satu tandanya adalah memperlihatkan bahasa tubuh yang menunjukkan kita menyimak cerita mereka yaitu kontak mata.

Hanya saja, kita perlu menjaga cara kita melakukan kontak mata ya. Jangan sampai lawan bicara memunculkan perasaan terintimidasi dari pihak lawan bicara. Kita perlu melatih kontak mata yang baik saat bicara.

3. Percaya Diri


Pebisnis Harus Percaya Diri
Pebisnis Harus Percaya Diri


Seorang pebisnis harus percaya diri. Kita harus menyadari bahwa setiap manusia punya kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Termasuk para pebisnis yang sudah sukses di luaran sana.

Kita perlu merasa yakin bahwa meski kita memiliki banyak kekurangan nggak menjadi kendala kesuksesan. Tapi, bukan berarti kita nggak melakukan hal apapun untuk menyikapi setiap kekurangan tersebut ya. Ada beberapa hal yang bisa kita perbaiki agar menjadi sumber hambatan segala urusan.

Oh iya. Kita perlu bijak saat memilih mana kekurangan yang harus kita perbaiki ya! Agar nggak mengabaikan hal utama dalam bisnis yang perlu kita lakukan.

Bacaan Menarik Lainnya:

4. Memehuni Janji Tepat Waktu

Sebuah janji ibarat hutang yang harus kita bayarkan secara tepat waktu. Apalagi dalam dunia bisnis yang notabene erat hubungannya dengan patner, supplier, pemberi modal dan lain-lain.

Apabila seorang pebisnis nggak memenuhi janji tepat waktu, maka ini bisa berakibat yang fatal. Kita bisa kehilangan kontrak kerja sama atau karyawan yang loyal. Rugi ‘kan? Oleh karena itu, Indscript Creative juga menyebutkan bahwa memenuhi janji tepat waktu juga termasuk dalam habbit pebisnis.

Biar nggak mudah melupakan janji. Akan lebih baik kalau kita mencatatkannya dalam buku harian atau agenda.

5. Positive Minded

Seorang pebisnis bisa saja mengalami berbagai masalah. Mau itu perkara yang membawa kebahagiaan atau malah kedukaan.

Tapi nggak sedikit orang yang enggan menghadapi masalah yang rumit. Bagi mereka lebih baik menghindar saja. Padahal, cepat atau lambat masalah tersebut akan datang menghampiri. Meski kita selalu saja menolak untuk menghadapi.

Sebenarnya, hal yang perlu kita lakukan adalah mengatur pola pikir kita terhadap masalah tersebut. Intinya adalah kita harus memiliki positive minded yang tanpa syarat apapun.

Belajar Bisnis Melalui Indscript Kelas Bisnis

Memiliki kebiasaan pebisnis yang baik belum tentu akan serta merta menjadikan kita sukses dalam berbisnis. Kalau kata owner Indscript Creative bahwa kita perlu melangkah dengan ilmu.

Oleh karena itu, kita bisa lho belajar urusan bisnis melalui Indscript Kelas Bisnis. Ada beberapa kelas yang bisa kita ikuti, sebagai berikut:

  1. Kelas Naik Omzet Di Whatsapp. 
  2. Reparasi Bisnis Pasca Pandemi. 
  3. Mimpi Apapun Bisa.
  4. Sekolah Reseller. 
  5. Follow Up Ala Heart Selling.
  6. Naik Profit.
  7. Kelola Reseller Ala Emak Baper. 
  8. Memprospek Langsung Closing.
  9. Satu Bulan Naik Omzet.
  10. Rekrut 100 Reseller.
  11. Lunas Hutang. 
  12. Bikin Kolam Konsumen.

Indscript Kelas Bisnis telah menyediakan semua hal tentang bisnis. Tinggal menyesuaikan dengan kebutuhan kita saja. Semoga bermanfaat.

Sumber:

  • https://www.instagram.com/indscriptcreative_/ 
  • https://tribelio.page/kenaliindscriptcreative
Bacaan Menarik Lainnya:

Posting Komentar

4 Komentar

  1. Saya sering tidak percaya diri, harus diperbaiki nih đŸ˜đŸ™đŸ»

    BalasHapus
  2. Bener banget kebiasaan itu harus dipupuk ya Mba kalau mau jadi pebisnis. Satu lagi pebisnis juga harus pantang menyerah alias engga mudah putus asa. Wah, ada kelasnya Teh Indari Mastuti nih. Dibimbing langsung oleh Teh Indari. Rekomended nih

    BalasHapus
  3. Kebiasaan yg penting pebisnis adalah percaya diri dan berpikir positif, serta memenuhi janji termasuk integritas seorang pebisnis

    BalasHapus
  4. terima kasig tipsnya, tips yang jika dipraktikkan tidak hanya menjadi pebisnis yang sukses tetapi semua bidang pekerjaan yang dipilih
    pernha ikut kelas teh Indari, mantap memang, hanya saya yang memang belum bisa bagi waktunya, akhirnya saya yang kewalahan sendiri, mau ikutan lagi ah, tentu saja manajemen waktu saya harus lebih baik lagi

    BalasHapus

Terima kasih atas kunjungannya, jika anda memiliki saran, kritik maupun pertanyaan silahkan tinggalkan komentar anda.

close
Info Iklan Murid Blogspot