8 Penyebab Bau Badan Nggak Sedap yang Harus Kita Hindari

Urusan bau badan emang selalu nggak asyik. Seringnya muncul saat tubuh mengeluarkan banyak keringat. Makanya, kita lebih suka menghindari penyebab keringat berlebihan kayak olahraga berat, panas-panasan dan lain-lain.

Kalau pun kita suka berolahraga, maka kita akan segera mandi setelahnya. Biar tubuh nggak lengket karena keringat dan kembali wangi.

Tapi, tahu nggak sih? Ada lho orang-orang yang meski nggak berkeringat tetap bau badan. Karena memang keringat bukan penyebab masalah ini yang sesungguhnya.

Menurut sebuah artikel di laman Halodoc, bau badan nggak sedap muncul karena bakteri anaerobic bertemu dengan keringat. Konon, masalah ini sebagai hasil dari pemecahan protein keratin oleh bakteri tersebut yang ada di permukaan kulit kita.

Penyebab Bau Badan Nggak Sedap


Penyebab Bau Badan Nggak Sedap


Ada beberapa faktor penyebab bau badan nggak sedap yang harus kita hindari, sebagai berikut:

1. Produksi Keringat Berlebih

Faktor utama penyebab bau nggak sedap dari tubuh adalah produksi keringat yang terlalu berlebihan. Keringat bisa menjadi media favorit bakteri untuk berkembang biak.

Kita bisa mencegahnya dengan menggunakan deodorant. Cara ini bisa menghentikan keringat berlebih, terutama di bagian ketiak. Karena bagian inilah yang mungkin menimbulkan bau menyengat.

2. Nggak Pakai Baju yang Menyerap Keringat

Kita boleh berkeringat. Tapi, kita juga perlu membuat langkah antisipasi. Biar keringat nggak betah menempel di badan. Hal ini hanya akan membuat bakteri makin betah nempel di kulit kita.

Salah satu langkah antisipasinya adalah dengan mengenakan baju atau kaos yang bahannya menyerap keringat.

3. Nggak Langsung Mandi Sehabis Olahraga


Penyebab Bau Badan
Pastikan habis olahraga, kita mandi setelah mengeringkan keringat ya!


Menjaga kesehatan dengan berolahraga itu penting. Kita harus melakukannya secara rutin.

Permasalahannya adalah olahraga sangat erat kaitannya dengan keringat. Kebayang nggak kalau kita punya masalah bau badan? Habis olahraga dan keringetan banyak banget. Gimana tuh aroma tubuh kita?

Kalau kita nggak langsung mandi dan cuma ngelap keringat doang. Terus ganti baju yang kering. Percayalah. Bau badan kita tetap nggak enak.

Paling ketolong sama parfum yang kita semprot dengan brutal ke badan dan baju.

4. Obesitas atau Berat Badan Berlebih

Duh. Penyebab bau badan nggak sedap selanjutnya kok nggak enak ya. Berat badan berlebih.

Nyatanya, orang gemuk punya pori-pori lebih banyak yang tersembunyi dalam lipatan tubuhnya. Area lipatan tersebut biasanya punya suhu yang hangat, kadang beruap dan mungkin lebih gelap.

Kondisi ini membuat bakteri penyebab bau badan merasa nyaman dan berkembang biak dengan baik di sana. Selanjutnya sudah bisa kita tebak. Yes. Aroma nggak sedap menguar dengan hebat.

5. Infeksi Kulit

Kadang kala, aroma tubuh yang nggak sedap juga disebabkan karena kulit yang terinfeksi. Bagian ini punya bakteri yang kalau berinteraksi dengan keringat, maka memunculkan aroma yang aduhai.

Jadi, mending kalau punya infeksi di kulit. Kita cepat cari solusi untuk mengatasinya deh. Biar nggak jadi sarang bakteri.

6. Makanan

Ada makana atau minuman tertentu yang mempengaruhi aroma badan kita lho. Misalnya rempah-rempah yang mengandung zat alisin, kayak bawang merah, bawang putih dan kari.

Atau bahan makanan yang punya kandungan sulfur dan sulfida, kayak brokoli, kubis, Brussels dan sayuran lain dalam famili cruciferous.

7. Penyakit

Ada jenis penyakit tertentu yang membuat kita mengeluarkan keringat berlebih. Salah satunya adalah diabetes.

Pasien diabetes biasanya sulit mengontrol kadar gula dalam darah. Seringnya tubuh memanfaatkan lemak untuk bahan bakar pengganti. Proses ini menghasilkan keringat yang cukup banyak.

Selain itu, penyakit gagal ginjal, liver dan gangguan metabolisme juga memberikan efek yang sama terhadap keringat.

8. Mengonsumsi Obat-obatan Tertentu

Buat Teman-teman yang lagi mengonsumsi aspirin dan acetaminophen kudu hati-hati ya. Karena dosis berlebihan bisa bikin tubuh memproduksi keringat berlebih lho.

Bahaya kalau keringetnya berinteraksi sama bakteri penyebab bau badan. Bakalan bikin kita bau keti dan menurunkan rasa percaya diri. Iya nggak?

Kita Kudu Hindari Penyebab Bau Badan (BB) Nggak Sedap

Ternyata ada banyak alasan kita mendapatkan aroma tubuh yang nggak sedap. Kita perlu menghindari dan mengantisipasi semuanya. Biar kita nggak harus mengalami masalah BB yang bikin nggak menyenangkan.

Semoga bermanfaat.

Posting Komentar

0 Komentar

close
Info Iklan Murid Blogspot